Backpacker ke Bali

DSCN0996DSCN1305Happy FourPostingan kali ini gue mau cerita waktu Januari 2012 kemaren gue backpacker berempat sama temen gue ke Bali. Temen gue itu ada si Dewi, Adhe, sama Rany. Sekilas ceritanya, Dewi, Adhe, sama gue berangkat bareng dari Jakarta tapi yang beruntung dapet tiket pesawat murah (dapet Citilink 79.000 doang) cuma si Dewi tuh, Adhe sama gue (berdua doang) ngebolang naik kereta bersambung ke bis dan kemudian kapal buat nyebrang sampe Bali. Nah, kalo si Rany ini temennya Adhe yang tinggal di Surabaya. Jadi, pas gue naik kereta, singgah dulu sebentar di Surabaya, trus ke Balinya jadi bertiga dehh ;) nih destinationnya gue ulaaas :

Hari Pertama (15 Januari 2012) :
Hari pertama gue udah mesen tiket kereta dari H-40 di stasiun Gambir kan tuhh. Trus gue dapet tiket promo 100.000 eksekutif sampe stasiun Pasar Turi Surabaya, keretanya Anggrek Bromo (lupa-lupa inget), dapet jam 09.30. Tapi si Adhe kesiangan, jadi deh kita ketinggalan kereta (gue nyampe dari sebelum kereta dateng sampe keretanya pergi lagi T.T ngeneeesss), akhirnya kita nyari ke stasiun Senen kereta bisnis yang berangkat sore. Dapet kereta Gumarang berangkatnya dari stasiun Jakarta Kota (jam 17.45) sampe stasiun Pasar Turi Surabaya. Perjalanannya 12 jam tuh. Harga tiketnya 195.000 perorang.

Hari Kedua (16 Januari 2012) :
Hari kedua gue nyampe Surabaya itu jam 06.30. Naik angkot apa aja sampe RSI 3000 perak. Trus dari RSI, Adhe sama gue naik becak kerumah temennya Adhe itu si Rany yang emang tinggal di Surabaya, sekitar 10.000. Lumayan tuh ngisi perut gratis disana heheehe… Trus mandi-mandi dan si Rany ikutan jalan ke Bali, jadi kita udah bertiga sekarang. Langsung aja deh tuh ke stasiun Gubeng nyari tiket kereta, dapetnya kereta Logawa ke Jember harga 36.000 jam 16.10. Nyampe Jember jam 20.30 trus nyarter angkot ke terminal Tawang Alun dengan harga 5000 perak perorang. Tapi sialnya kita kagak nyampe terminal disuruh supir angkotnya naik bis ke Ubung yang ada di pinggir jalan namanya DAHLIA brooooo gue ga akan bisa lupa sama nama bis ini, asli!!! wkwkwkwk.. Biayanya 60.000 udah langsung nyampe Ubung. Tapi sumpah ga enak bangeeet gilaaa, mana bau rokok udah gitu pake acara dioper-oper segala pas udah mau setengah perjalanan -__- bzzzzztt

Hari Ketiga (17 Januari 2012) :Nah, hari ketiga jam 01.30 gue di kapal nih, udah mau menuju Bali, ongkos 60.000 si bis Dahlia itu udah termasuk ongkos kapal ini juga. Mau ngecas hape atau mau makan pop mie sambil minum kopi pas banget tuh ada warung dikapalnya, ga kerasa 30 menit nyampe deh ke pulau Bali (selametan dulu lah, secara gue bertiga doang sama temen gue mana cewek semua pula wkwkkw) trus lanjut perjalanan ampe jam 06.30 WITA lah nyampe Ubung. Tapi ga enak banget, pas bisnya di oper tuh sebelah gue bapak-bapak gitu udah gitu nyender-nyender pula ke gue, hadeeeeh -___- pas busnya di oper juga gue sama temen-temen gue ga dapet duduk, untungnya masih ada lelaki baik hati yang mau ngasih tempat duduknya, hehehehe :p. Trus abis itu gue sama temen-temen gue sama dapet kenalan mas-mas dari bis itu (doi sendirian) patungan naik taksi ampe Kuta (ga pake argo jadi kena 100.000, padahal kalo pake argo bisa cuman 60.000an aja tuh, kurang info nih gue). Akhirnya kita nyampe ke Arthawan (losmen di Poppies II, Kuta, telp-nya (0361) 752913). Subuhnya gue udah nelpon dulu ke situ, tapi katanya penuh, tapi kita nekat aje, langsung datengin aja tuh losmen, eh dapet kamaaar :’D. Kalo bertiga disitu kena 120.000, tapi karena gue berempat (satu lagi si Dewi yang naik pesawat kan nyusul tuh doi nyampe Balinya malem) jadi kena 190.000 alias 45.000 satu orang permalem. Lumayan banget lah, kamar mandi dalem, tempat sederhana tapi bikin kangen.

Nah nyampe losmen kita bertiga tepar banget, bobo-bobo sampe jam 11an baru deh pada mandi. Trus kita keliling Kuta cari makanan, nemunya Mcd doang yang murah -_- abis itu nyari mobil dapet 400.000 10 jam mobil kijang capsul (udah sama driver), nama drivernya pak Arya, orangnya ramah banget (kalo minat hubungin gue deh, ntar gue kasih nomornya)
Abis itu kita bertiga main di pantai Kuta, foto-foto, keliling Kuta Square, ke Matahari sama ke Centronya. Akhirnya pas malem si Dewi dateng juga, walaupun kita sempet bete gara-gara dia enak banget naik pesawat ngga perlu susah-susah, jadi pas dia nanya-nanya penginapannya dimana, agak kita susah-susahin wkwkwkwk (temen yang jahaat, maap yak Deeewww :** )

Hari Keempat (18 Januari 2012) :
Hari pertama kita langsung ke Benoa. Gue naik Banana Boat (ga pake jatoh) sama ke Pulau Penyu kena 200.000 perorang (mesti pinter-pinter nawar, ini aja masih mahal sih sebenernya). Abis itu gue ke pantai Nusa Duanya, lumayan maen-maen aer bentar di sono… Next kita ke Dream Land, kena tiket masuk 15.000 permobil, ntar dianterin pake mobil khusus sampe ke pantainya. Wihhhh ombaknya brooowww mantaaaps pisaaan, gue sampe kena siaga satu disana, sampe dipluitin gara-gara ada ombak gede dan hampir kebawa ombak gara-gara main-main wkkwkwkw..
Abis dari Dream Land lu ga mungkin ga basah, bawa baju ganti sama celana dalam semua daaah, wajib tuh kalo ngga mau masuk angin :p
Trus lanjut lagi gue ke Uluwatu nih, monyetnya nakal-nakal banget… Oh iya kena 3000 aja perorang kok. Kuncir rambutnya si Dewi sampe diambil sama si monyet wkwkkwkwk, intinya jangan bawa yang macem-macem ga usah kuncir rambut juga, tasnya tutup rapet. Nah, nanti pas lagi jalan ke dalem, siapin bawa kayu trus ga usah pake guide, mahal, tolak aja, jalan aja sendiri ikutin orang…
Abis dari sono gue ke GWK, patungnya yaa gitu masih belum jadi akakkakak, bayarnya agak lupa nih berapaan, kalo ga salah 25.000 satu orang sama satu mobil kena 5000 deh.
Abis itu gue pulang bayar mobil sewaan 100.000 perorang dan patungan berempat. Trus makan di Nasi Pedes Bu Andika enak bangeeet gaaan, harga paslah.

Hari Kelima (19 Januari 2012) :
Berikutnya kite ke danau Bedugul, harga tiket masuknya 7.500, dingin banget, bawa jaket kalo ke sana… Bisa naik sampan tapi mahal, 55.000 -_- kita berempat kagak naik ahahha.. ada juga bebek-bebekan gitu buat keliling danau. Abis dari Bedugul, makan duren dulu di pinggir jalan, murah, satu buah 15.000. Gue beli 2 buah patungan berempat jadi 7.500 aja perorang.
Oiya sebelum ke Bedugul kita ke Mengwi dulu, liat Pura gitu, bagus deh pemandangannya damai banget, ga pake tiket masuk kok alias gretooongan :p
Trus kita ke Tanah Lot ngeliat sunset, kita berempat sama mobil jadinya 35.000, kenanya satu orang jadi 9.000 lah. Asik banget buat ngegalau disini loh ahahhaa, ombaknya mantepssss ada taman ular sama kudu ke atas goa bolong itu, seru banget sensasinya. Trus di sana kita ketemu sama Tike yang main Extravaganza itu looohh, ahhaha, si Rany mau foto bareng tapi pake acara malu-malu kucing :p
Pulangnya kita ke Krisna, pusat oleh-oleh gitu (lebih mahal dikit dari Sukowati)

Hari Keenam (20 Januari 2012) :
Hari keenam kita ganti driver nih, kalo biasanya sehari 400.000 ini dapet 300.000 (udah sepaket). Tapi serem gitu, si pak supirnya berguru sama leak, berarti kan dia juga leak -__- trus sejak kita berempat sadar akan hal itu, sikapnya si pak supir yang tadinya ramah, jadi berubah dingin ke kita, padahal kita ngomongin itu pas dia lagi jauh sama kita dan ngga mungkin denger -,- lanjooot daaah aakakkakak
Pertama itu ke Batubulan liat tari-tarian tapi mahal, 80.000, akhirnya langsung ke Celuk tempat pembuatan perak gitu, gratissstiss
Lanjut ke Tampak Siring dulu, kalo lagi pada menstruasi, mendingan tunda dulu deh kesininya, sayang gitu gabisa mandi atau megang air sucinya.. Sewa kain buat masuk 5000, sama biaya masuk 1 mobil 5.000 trus perorangnya kena 15.000. Istana presidennya pas gue kesono masih ditutup, bisanya naik tangga lewat goa-goa trus nembusnya di perkampungan gitu. Trus bisa mandi atau cuci muka aja di air suci, basuh kaki tangan sama muka tiga kali sambil make a wish hehhehehe katanya sih kalo niat kita bagus, bakal terkabul lohh :D
Abis dari situ kita ke Kintamani, ngeliat dari atas arah ke Besakih, jadi ga perlu tiket masuk. Foto-foto doang sambil liat pemandangan.
Lanjut ke Pura Besakih, sewa kain 10.000, mahal banget -_- kalo ga mau kena sewa kain, pake baju panjang atau celana panjang deh atau bawa kain sendiri deh, yang pake baju pendek atau celana pendek harus ditutup kain gitu.. Ini Pura terbesar di Bali lohhh, naik aja terus sampe keatas. Bayar masuknya 10.000 perorang, sama mobil 5000.
Abis gitu pulangnya ke Bukit Jambul deh, foto-foto doang, backgroundnya sawah sama gunung gitu..

Hari Ketujuh (21 Januari 2012) :
Hari ketujuh kita ke pantai Sanur nih.. damai banget disini ga sehebrik Kuta, ga bayar kok, gretongaaaan :D Oh iya, hari terakhir di Bali ini, kita nyewa mobil yang pertama lagi, tapi setengah hari jadi kenanya 200.000 aja, tapi kita lewat dua jam jadi total 300.000 alias 75.000 perorang
Abis dari situ kita ke Sukawati !!! yak disinilah hasrat para wanita tersalurkan… Belanjaaa meeeen, tawar abis-abisaaaan.. Gue beli baju dari harga awal 120.000-135.000 jadi cuman 30.000, gile ga tuh harus pinter-pinter deh nawarnyaaa. Ada lagi baju yang harga awalnya 60.000, gue tawar-tawar akhirnya gue cuma bayar 45.000 dan dapetnya 3 baju, sadiiisss…

Hari kedelapan (22 Januari 2012) :
Abis sarapan di losmen, kita langsung cabs pulang jam 9 pagi lah. Naik taksi sampe terminal Ubung (67.000, argo). Widiiiih pas turun dari taksi langsung deh dikerubutin sama tukang-tukang bis, galak-galak banget T.T harus tegas aja. Akhirnya kita kena bis AC sampe pelabuhan Takapang, Banyuwangi aja (60.000) padahal kalo ekonomi bisa cuman 25.000 tuh -_-
Abis nyebrang lautan kan langsung tuh pelabuhan Takapang, nah langsung aja jalan kaki ke stasiun Kereta Apinya, jaraknya cuman 200 meter kok dari pelabuhan. Tapi, kereta-kereta ke Jember atau ke Surabaya gitu cuman ada pagi doang, pas kita kesana ga ada kereta, akhirnya nyewa angkot kuning sampe ke terminal Karang Ente (10.000 harganya) di sana naik bis AKAS (ekonomi) sampe Surabaya langsung 47.000, tapi gue tawar jadi dapet 45.000 hehhee… Nyampe Surabaya malem sekitar jam 23.00 gitu, di jemput sama bokapnya Rany dan dibawa kerumahnya. Nginep semalem dulu deh disituuu

Hari kesembilan (23 Januari 2012) :
Kita berangkat ke stasiun Pasar Turi Surabaya kesiangan (gara-gara mager malah leha-leha dulu sambil nonton FTV coba -_-), jam 14.00 baru nyampe situ naik taksi kena 30.000an dan tiket kereta bisnis sama ekonomi udah abis, tinggal eksekutif. Akhirnya naik angkot dua kali (bilang aja ke terminal Puroboyo nama lainnya terminal Bungurasih, sama aja) masing-masing 3000. Ehh nyampe terminal dapetnya bis AC kena 240.000 nyampe terminal Pulo Gadung Jakarta, kurang lebih 16-17 jam perjalanan…

Hari kesepuluh (24 Januari 2012) :
Gue naik taksi sampe ke rumah, nyampe-nyampe rumah item gosong kebanyakan main di pantai wkwkwkkw

foto (Icha, Rany, Adhe, Dewi)

Image

2 thoughts on “Backpacker ke Bali

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s